Jadi Kota Percontohan, UPTD PAL DPU Makassar Bocorkan Sistem Pengelolaan Limbah

MAKASSAR,- Kota Makassar kembali menjadi perbincangan hangat. Keberhasilan UPTD PAL Dinas Pekerjaan Umum Kota Makassar dalam mengelola limbah menjadi sorotan kota lain untuk mengetahui sistem serta pola yang di gunakan.

Olehnya itu tak salah jika UPTD PAL DPU Makassar di datangi empat kabupaten sekaligus untuk belajar di IPLT Nipa-nipa dan kantor UPTD PAL DPU Makassar, Rabu (15/9/2021).

Kepala UPTD PAL Makassar Kerlinus Bumbungan yang menerima rombongan pelatihan tersebut mengatakan dengan adanya tukar informasi seperti ini dapat saling menguatkan di masing-masing kabupaten juga menjadi motivasi peningkatan bersama.

“Tentu kita bersyukur Kota Makassar menjadi mentor dalam pengelolaan limbah. Ini adalah proses tukar informasi agar masing-masing daerah juga dapat mengelola limbahnya dengan baik demi kepentingan bersama”,ujar Kerlinus.

Untuk empat UPTD PAL kabupaten yang datang sendiri yakni Palopo, Pinrang, Sinjai dan Sidrap yang ke semuanya di fasilitasi oleh yayasan bakti bersama UNICEF.

Sekitar 13 orang peserta kunjungan belajar ini di ajak untuk berkeliling melihat proses pengolahan IPLT dan juga agar mengetahui fungsi dari setiap unit pengolahan. Tak hanya itu pula, peserta juga berkesempatan mempraktekkan tata cara pelayanan hingga cara pengolahan tinja.

Melihat bagaimana UPTD PAL DPU Makassar menjelaskan secara detail tahapan dalam pengelolaan limbah, Hamzah salah satu perwakilan dari yayasan bakti berdecak kagum dan berharap ilmu yang di dapatkan dapat di aplikasikan di kabupaten lainnya.

“Menarik sekali cara pengolahan limbah ini. UPTD PAL DPU Makassar bekerja maksimal dan telah memberikan kontribusi ilmunya pada kami. Semoga empat UPTD yang hadir juga bisa menerapkannya di kabupaten”,kata Hamzah.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *