Tampung Aspirasi Penggunaan IPAL Komunal, Dinas PU Temu Warga di Paropo

Untuk memastikan IPAL Komunal yang dikelola KPP berfungsi dengan baik, Dinas Pekerjaan Umum melakukan Bina Kelompok Pemelihara dan Pemanfaat Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL) Komunal.

Kegiatan itu digelar Senin (8/5/2023) di Kelurahan Paropo, Kecamatan Panakkukang, Kota Makassar.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Badan Layanan Umum Daerah Pengelolaan Air Limbah (UPT BLUD PAL), Hamka Darwis menjelaskan pertemuan itu merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan setiap tahun.

“Jadi kegiatan ini dalam rangka melakukan pembinaan SDM dan kelembagaan KPP agar IPAL Komunal yang dikelola dapat berfungsi dengan baik serta dirasakan manfaatnya oleh warga,” jelas Hamka.

Kesempatan itu juga dijadikan momen untuk mendengar langsung kendala dan masalah yang dihadapi oleh KPP dalam melakukan pemeliharaan IPAL komunal.

Agar IPAL Komunal itu bisa difungsikan dengan baik, kata Hamka, pihaknya telah melakukan
pelatihan kepada sumber daya manusia (SDM) penerima manfaat.

“Alhamdulillah, kegiatan
berjalan dengan baik. Masing-masing peserta yang hadir menyampaikan kendala dan masalah yang dihadapi dalam melakukan pemeliharaan IPAL komunal,” jelas Hamka Darwin.

Dia melanjutkan, IPAL Komunal yang berlokasi di Kelurahan Paropo itu melayani 27 sambungan rumah.

Mewakili warga pengguna IPAL komunal, Hamka sangat berharap ada bantuan berupa perbaikan beberapa penutup manhole IPAL yang sudah rusak.

Sementara itu, Ketua KPP Sejahtera A. Sofyan Abdullah menjelaskan pihaknya sangat senang dan berterima kasih karena Dinas PU Makassar menggelar kegiatan seperti ini.

“Pertemuan ini bisa menjadi wadah kami dalam menyampaikan permasalahan IPAL komunal yang kami kelola,” kata A. Sofyan.

Kegiatan ini diikuti Kepala UPT BLUD PAL Dinas PU Makassar beserta staf, Ketua dan Pengurus Kelompok Pemelihara dan Pemanfaat (KPP) Sejahtera, dan Warga masyarakat pengguna IPAL Komunal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.