Aplikasi Go-Sedot, Inovasi Dinas PU Makassar Dalam Pengelolaan Limbah

MAKASSAR,- Sanitasi air limbah menjadi pembicaraan menarik di tengah hiruk pikuk kota. Di Makassar, pengelolaan limbah sendiri makin di upayakan pemerintah agar tidak mencemari lingkungan namun bisa bernilai manfaat.

Topik ini juga di angkat dalam talk show USAI IUWASH PLUS SSEI Sulsel yang berlangsung Selasa,6 April 2021. Mengundang Kepala UPTD PAL Dinas Pekerjaan Umum Makassar Kerlinus Bumbungan, terungkaplah inovasi yang kini tengah di kembangkan di Kota Makassar.

Kerlinus yang menjadi salah satu pembicara membeberkan sebuah aplikasi yang dapat di akses seluruh warga Makassar untuk pendaftaran penyedotan tinja.

“Dalam waktu dekat ini masyarakat Makassar bisa mengunduh aplikasi Go-Sedot di play store untuk pendaftaran penyedotan tinja. Dengan demikian kita akan bersama-sama menangani sanitasi air limbah”tekannya.

Dengan mengambil tema “Melangkah bersama menuju kemandirian bersama air minum,sanitasi dan perilaku higiene yang berkelanjutan”, talk show ini di tujukan untuk mempresentasikan hasil pendampingan program IUWASH PLUS selama 5 tahun pada Pemerintah Kabupaten/Kota,masyarakat,lembaga donor dan NGO di 4 lokasi pendampingan di Sulsel.

Olehnya itu lanjut Karlinus, UPTD PAL Dinas PU Makassar telah bermitra dengan 7 perusahaan penyedotan tinja swasta.

“7 perusahaan penyedotan tinja swasta telah bekerja sama dengan UPTD PAL DPU Makassar. Hal ini kami lakukan untuk memberikan pembinaan serta edukasi baik untuk pembina kelembagaan maupun pada penerima manfaat IPAL Komunal”,jelasnya rinci.

Kepala UPTD PAL DPU Makassar ini juga menekankan pentingnya sinergitas semua pihak dalam penanganan sanitasi air limbah.

“Monitoring kan tiap bulan. Jadi sangat efektif sekali jika kita berkomitmen untuk jalan bersama. Sarana prasarana air limbah tanggung jawabnya bukan hanya pemerintah, tapi pihak swasta dan masyarakat punya andil”,tambah Karlinus.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *