Sinergitas Dinas PU Makassar Penuhi Kebutuhan Air Bersih Warga

MAKASSAR,- Kebutuhan air bersih di Kota Makassar saat ini masih dalam grafik yang cukup tinggi. Artinya masih banyak warga yang belum merasakan air bersih di karenakan area tempat tinggal yang belum tercover pengerjaan PDAM ataukah karena adanya polusi air di sekitar rumah tinggalnya.

Melihat kegelisahan warga tersebut, Dinas Pekerjaan Umum Kota Makassar menggandeng PPTK Sanitasi dan Air Bersih, Koordinator BKM dan KPSPAM Kelurahan Tamalanrea Indah, Parangloe dan Kalulu Bodoa serta Tim Fasilitator Lapangan dan Pengawas PU membahas langkah apa yang akan di lakukan agar pendistribusian air bersih di Kota Makassar bisa terpenuhi.

Bertempat di ruang rapat Dinas PU Kota Makassar, Kamis (2/7/2020) Kabid Prasarana Dinas PU Zuhaelsi Subir yang memimpin rapat tersebut mengatakan bahwa kegiatan yang akan di lakukan bersumber dari dana sharring dan akan di realisasikan di 3 wilayah di Kota Makassar.

“Kegiatan ini sumber dananya APBD, dana sharring APBN tahun 2020 yang rencananya akan mengcover 3 area yakni Kelurahan Tamalanrea Indah, Parangloe dan Kalulu Bodoa. Di laksanakan oleh BKM (Badan Keswadayaan Masyarakat) sebagai pemberdayaan masyarakat yang bertanggung jawab penuh pada kegiatan dan KPSPAM (Kelompok Pemanfaat Sarana Prasarana Air Minum) untuk pelaksanaan teknis di lapangan juga di dampingi oleh fasilitator serta pengawas PU”ungkapnya.

Dalam forum rapat tersebut,BKM yang hadir begitu antusias dengan adanya kegiatan tersebut mengingat air merupakan kebutuhan pokok yang masih begitu sulit di dapatkan masyarakat.

Olehnya itu Zuhaelsi berharap perlu adanya komunikasi yang baik serta koordinasi yang bagus demi tercapainya tujuan kegiatan ini.

“BKM, KPSPAM, fasilitator dan pengawas PU perlu menyiapkan buku panduan kerja agar dapat di jadikan acuan di lapangan. Dengan begitu pekerjaan bisa di kontrol. Selain itu menyiapkan dokumentasi kegiatan dan disiplin pada time schedule yang ada agar target paling lambat akhir Desember pengerjaan bisa selesai”,tambahnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *